Cita Rasa Otentik Bulgogi Korea

Bulgogi coreano, menjadi salah satu menu di confezione Kulina Box Deluxe.

Bulgog dalam bahasa Korea berasal dari dua kata yakni “Bul” yang berarti api dan “Gogi” yang berarti daging sapi. Secara letterale, Bulgogi bermakna daging sapi bakar. Sebelum dibakar, irisan daging direndam dalam bumbu yang diracik dari campuran kecap, bawang putih, jahe, bawang bombay, gula atau madu, minyak wijen, dan lada hitam ( pepe nero ).

Bulgogi telah menjadi sajian daging yang populer, tidak hanya di Korea, tetapi juga di seluruh penjuru dunia.

Kulina Box Deluxe
Scatola Kulina premium Versi. Menu bervariasi setiap hari, praktis, dengan jaminan kualitas. 30 ribuan / scatola! link.kulina.id

Sejarah Bulgogi

Bulgogi merupakan sajian asli penduduk pertama di Korea bernama Maek. Sekitar pada abad ke-2 sebelum masehi, masyarakat Maek, tusuk tostato con carne di maiale e salsa di maiale. Inilah yang disebut with Maekjok atau cara makan ala Maek.

Beberapa abad kemudian, pada era Dinasti Joseon, sajian dalam tipe serupa disebut Neobinani . Menu in hanjia disajikan per raja dan para bangsawan. Neobut berarti irisan daging yang tebal dan lebar.

Nasi putih, bulgogi, tumis tofu, wortel, dan brokoli, serta pangsit.

Era Masuk 1950-an, penting terjadi perubahan. Salah satunya masuknya mesin pengiris impazzisce e tumbuhnya industri gula di Corea. Irisan daging mulai semakin tipis dan penggunaan gula sebagai salah satu bahan bumbu Bulgogi. Kini, Mulai Bulgogi semakin berkembang dengan banyak cara pembuatan.

Di wilayah selatan, ada dua jenis Bulgogi yk cukup populer yakni Gwangyang e Eonyang. Gwanyang Bulgogi dibuat dengan daging yang lebih tipis, dibumbui sesaat sebelum dibakar, e dibakar di atas bara sehingga menghasilkan aroma unik daman. Sementara, Eonyang Bulgog terbuat dari daging cincang yang direndam dalam bumbu selama beberapa hari.

Resep Bulgogi

Bahan
350 grammi di manzo sapi prime di manzo atau controfiletto, iris tipis-tipis

Bumbu
4 sdm kecap asin
2 sdm kecap manis
2 sdm gula pasir
1 sdm Madu
1 sdm Minyak wijen
3 sdm Wijen
1 batang daun bawang, potong tipis
3 siung bawang putih
2 sdt Lada hitam
1 sdm jahe parut
2 sdm air perasan jahe

Cara Memasak
Iris tipis daging sapi segar. Kemudian, siapkan wadah per Mencapur semua bumbu, pastikan semua bumbu tercampur rata. Masukkan potongan daging ke dalam bumbu. Bila sudah tercampur, tutup wadah dan diamkan selama lebih kurang 1 jam. Biarkan bumbu meresap ke dalam daging. Sementara itu, siapkan alat pemanggang to memasak daging yang canvash direndam dalam bumbu.

Masak daging di atas pemanggang, tunggu, dan bolak-balik daging hingga empuk dan matangnya sempurna. Angkat Daging yang telah matang dan taburi with wijen.

Kulina Box Basic
Paket makan siang komplit, enak, praktis, dan bervariasi. Pesan banyak lebih hemat! 20.000 / scatola sudah ONGKIR! link.kulina.id Sajian Selera Nusantara
Kumpulan menu hasil kurasi Bondan Winarno yang pastinya Maknyus dan nutrisius. Kamu pasti suka! link.kulina.id Bandito sano dello chef Marinka
Yuk, menu nikmati ORGANIK, LEZAT, e SEHAT diolah dari dapur Chef Marinka. link.kulina.id

Sumber:
http://www.wsj.com/articles/SB122539130720484947
http://www.hannaone.com/Recipe/history_bulgogi.html
https://en.wikipedia.org/wiki/Bulgogi
http://www.food.com/recipe/bulgogi-29385
http://resepdanmasakan.com/resep-daging-sapi-bulgogi-pedas-lezat/